19 Narapidana Kabur dari Lapas Wamena Belum ditangkap

Jayapura, Papua – Sebanyak 19 narapidana dari total 27 narapidana yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, sejak Selasa (22/1) hingga kini belum  ditangkap.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Kamal, di Jayapura, Rabu, mengatakan sebanyak 19 narapidana yang belum ditangkap yaitu Pator Meklok, Heri Marian, Rudy Itlay, Kinas Wenda, Piter Murib, Hermet Asso, Sadok, Roby Asso, dan Badar,  Leo Magayang, Noverius Uropnabin, Kalius K, Ondi Sibak, Dani Kogoya, Mia Elopere, Areki E, Yustinus Jigibalom, Menang Elopere dan Hazmur Hisage.

“Delapan narapidana lainnya telah ditangkap yaitu Wekiron, Yosafat W, Anis Hesegem, Lori, Elimas Matuan, Markus Asso, Rustam Ode Balla dan Abdullah Malawat,” ujarnya.

Dari delapan yang berhasil ditangkap kembali tercatat tiga orang di antaranya harus dirawat di RSUD Wamena akibat luka tembak yang dideritanya.

“Memang betul anggota terpaksa melumpuhkan para napi yang hendak ditangkap ditiga lokasi berbeda di sekitar kota Wamena,” ucap Kamal.

Ia mengatakan ketiga narapidana yang bersembunyi di lokasi berbeda saat ditangkap Rabu (30/1) mencoba melawan sehingga terpaksa dilumpuhkan dengan cara ditembak di bagian kaki.

Ketiga narapidana yang masih dirawat di RSUD Wamena yakni Rustam Ode Balla (37), Abdullah Malawat (25), dan Markus Asso (31).

“Pihak Polres Jayawijaya masih melakukan pengejaran terhadap para napi yang belum ditangkap dan menghimbau agar masyarakat membantu dengan melaporkannya ke polisi bila ada warga yang mencurigakan,” ujar Kamal. (Ant)