Kapendam: Korban Penembakan KKB Sudah Dievakuasi Dari Mapenduma

Jayapura, – Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi mengatakan Pratu Laode Madjid yang menjadi korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) sudah dievakuasi dari lokasi kejadian di Mapenduma.

Prajurit TNI AD yang menderita luka tembak itu dievakuasi menuju Kenyam, salah satu distrik di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua, pada Jumat (1/2/2019).

Namun, belum dipastikan kapan korban dievakuasi ke Timika, karena komunikasi hanya dapat dilakukan dengan menggunakan radio.

Cuaca pun terkadang tidak memungkinkan dilakukan evakuasi melalui jalur udara.

“Kami masih menunggu laporan selengkapnya tentang kegiatan evakuasi dan berharap cuaca mendukung proses tersebut,” ujar Aidi.

Pratu Laode Madjid mengalami luka tembak di bahu bagian kanan saat bersama rekan-rekannya melakukan patroli daerah rawan, pada Senin (28/1).

KKB pimpinan Egianus Kogoya melakukan penembakan terhadap anggota yang sedang melakukan pengamanan di lapangan terbang Mapenduma, sesaat sebelum pesawat yang ditumpangi Bupati Nduga Yarius Gwijangge dan rombongan mendarat.

Setelah menurunkan bantuan bahan makanan untuk masyarakat, Bupati Yarius langsung membawa dua anggota TNI yang terluka, namun dalam perjalanan seorang diantaranya yakni Praka Nasarudin meninggal.

KKB tanggal 3 Desember 2018 dilaporkan menyerang pos TNI di Mapnduma hingga menewaskan satu anggota TNI.

Sehari sebelumnya yakni 2 Desember menyerang dan membunuh 17 karyawan PT Istaka Karya yang sedang melakukan pembangunan jembatan di Distrik Yall. (Ant)