Bupati Asmat Sambangi Warga di Empat Distrik

Asmat, Papua – Bupati Asmat Elisa Kambu bersama sejumlah pejabat menyambangi warga empat distrik di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua pada Jumat (1/2), guna melihat kondisi kehidupan masyarakat.

Empat distrik yang dikunjungi ialah Suator, Sawa Erma, Fayit dan Atsy. Di tiap distrik tersebut, Bupati Asmat Elisa Kambu menyerahkan bantuan bahan makanan dan pakaian anak-anak maupun orang dewasa.

“Pemerintah selalu hadir untuk rakyatnya. Pemerintah terus memberikan perhatian di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial budaya, supaya masyarakat sejahtera,” kata Elisa di Suator.

Elisa mengatakan bahwa ada banyak program pemerintah yang dilaksanakan di 23 distrik (kecamatan ) dan 224 kampung (desa) di Asmat, seperti pembangunan infrastruktur jalan, pemukiman, pertanian, sanitasi dan air bersih dan telekomunikasi.

“Kita juga laksanakan program 1000 HPK, berupa pemberian makanan bergizi kepada ibu hamil, ibu menyusui dan balita. Itu diberikan gratis dan program ini dilaksanakan melalui tiap Puskesmas,” kata Elisa.

Selain itu, kata Elisa, ada pula program pemberian makanan tambahan untuk anak sekolah, program keluarga harapan (PKH), program Bangga Papua dan sejumlah program lainnya.

“Saya mengharapkan agar bapak ibu memanfaatkan semua program ini. Utamakan untuk pendidikan anak. Sekolahkan mereka sampai perguruan tinggi, pemerintah daerah siap membantu. Kita ada program Kartu Asmat Pintar untuk beasiswa anak-anak,” ujarnya.

Elisa menambahkan, masyarakat Asmat memiliki potensi pangan yang cukup di lingkungan sekitar mereka seperti ikan, kepiting, udang, sagu, umbi-umbian dan lainnya. Masyarakat harus memanfaatkan pangan yang tersedia untuk kecukupan gizi keluarga.

“Makan nasi atau sagu itu harus ada temannya seperti udang, ikan, kepiting dan sayur-sayur. Manfaatkan lahan untuk tanam sayur. Jangan makan makanan yang siap saji, seperti mi instan,” kata dia. (Ant)